CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 24 November 2013

TUGAS 7



Sifat Bisnis Internasional Mempengaruhi Kehidupan Sehari-hari

Ketika Anda menyiapkan sarapan Anda pagi ini, Anda mungkin menggunakan kopi yang dibuat di Asia dan mungkin menyetrika kemeja yang dibuat di Taiwan dengan sebuag setrika buatan Meksiko. Untuk pergi ke sekolah atau kemanapun mungkin mengendarai mobil buatan Jepang. Atau tidak mengendarai mobil tetapi menggunakan bis (dibuat oleh perusahaan Jerman) atau mengendarai sepeda motor (dibuat oleh Honda, Kawasaki, Suzuki perusahaan Jepang).
Kehidupan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh bisnis dari seluruh dunia. Akan tetapi tidak ada negara yang unik dalam hal ini. Misalnya orang mengendarai Ford di Jerman, menggunakan komputer Dell di China, makan Hamburger di McDonald’s di Perancis dan makan coklat Mars di Inggris.
                Pada kenyataan, kita telah menjadi bagian dari sebuah lingkungan global dan memiliki sebuah perekonomian global dimana tidak ada organisasi yang terisolasi dari dampak pasar dan persaiangan luar negeri. Bahkan, semakin banyak perusahaan membentuk ulang dirinya sendiri untuk menghadapi persaingan internasional dan menemukan cara-cara baru untuk meneksploitasikan pasar-pasar di setiap sudut dunia. Kegagalan dalam mengambil perspektif global adalah salah satu kesalahan terbesar  yang mungkin dilakukan oleh manusia. Olek karna itu, kami mulai meletakkan pondasi untuk pembahasan kami dengan memperkenalkan dan mendeskripsikan dasar-dasar bisnis Internasional.

Alasan Bisnis Internasional Lebih Beresiko daripada Dalam Negeri

Suatu negara melakukan perdagangan internasional karena dua alasan utama yang maisng-masing menyumbangkan keuntungan perdagangan bagi mereka. Alasan pertama, negara-negara berdagang karena setiap negara berbeda satu sama lain. Bangsa-bangsa, sebagaimana individu dapat memperoleh keuntungan dari perbedaan-perbedan mereka melalui suatu pengaturan dimana setiap pihak melakukan sesuatu dengan relatif baik. Alasan kedua, negara-negara berdagang satu sama lain dengan tujuan mencapai skala ekonomis dalam produksi, maksudnya jika setiap negara menghasilkan sejumlah barang tertentu maka mereka dapat menghasilkan barang-barang tersebut dengan skala yang lebih besar dan karenanya lebih efisien dibandingkan jika negara tersebut mencoba untuk memproduksi segala jenis barang. Motif inilah dalam dunia nyata merupakan cerminan interaksi perdagangan internasional.

Alasan utama mengapa perusahaan-perusahaan AS terlibat dalam bisnis internasional adalah untuk :
1. menarik permintaan asing
2. memanfaatkan teknologi.
3. menggunakan sumber daya yang murah
4. melakukan diversifikasi secara internasional.

Beberapa alasan untuk melaksanakan bisnis internasional antara lain berupa :
Spesialisasi antar bangsa-bangsa.
Dalam hubungan dengan keunggulan atau kekuatan tertentu beserta kelemahannya itu maka suatu Negara haruslah menentukan pilihan strategis untuk memproduksikan suatu komoditi yang strategis yaitu :
a. Memanfaatkan semaksimal mungkin kekuatan yang ternyata benar-benar paling unggul sehingga dapat menghasilkannya secara lebih efisien dan paling murah diantara Negara-negara yang lain.
b. Menitik beratkan pada komoditi yang memiliki kelemahan paling kecil diantara Negara-negara yang lain
c. Mengkonsentrasikan perhatiannya untuk memproduksikan atau menguasai komoditi yang memiliki kelemahan yang tertinggi bagi negeri


Sumber :

http://novitawng.wordpress.com/page/6/

http://books.google.co.id/books?id=F_cZM9PXm3UC&pg=PA130&lpg=PA130&dq=sifat+bisnis+internasional+di+kehidupan+sehari-hari&source=bl&ots=RBU9d52ToO&sig=fBKfgq16PVXUmYb_bvaJXHRUaVk&hl=id&sa=X&ei=K7CRUpuBH8yXrgfBjIC4DQ&redir_esc=y#v=onepage&q=sifat%20bisnis%20internasional%20di%20kehidupan%20sehari-hari&f=false


Nama : Dwita Fhadillah
Kelas : 1EB03
NPM  : 22213729

0 komentar:

Posting Komentar